October 17, 2024
Fashion

6 Etika Berpakaian,Wajib Pria Diketahui

Etika berpakaian pria menjadi poin penting, tidak hanya kaum perempuan yang hanya diatur tetapi untuk laki-laki juga wajib tahu aturan dalam berpakaian. Sebenarnya penampilan laki-laki tidak seperti perempuan.

Cara berpakaian laki-laki lebih simple dan tidak memakan banyak waktu, model pakaian yang laki-laki juga sangat berbeda keadaannya dibandingkan perempuan. Pernak-pernik dalam penampilan perempuan cukup banyak sedangkan laki-laki tidak.

Untuk para laki-laki wajib mengetahui bagaimana etika berpakaian, agar penampilan tidak menjadi sesuatu yang negative untuk dibicarakan dari kamu dan pastinya apabila kamu sedang menghadiri suatu acara tepat dalam memilih pakaian.

6 etika berpakaian bagi pria ini dapat membantu kamu dalam memilih pakaian yang cocok dalam momen-momen tertentu. Agar penampilanmu tidak dipandang rendah orang lain, etika tersebut yaitu:

1. Menyesuaikan warna ikat pinggang dan sepatu

Menyesuaikan warna ikat pinggang dengan sepatu menjadi hal penting dalam berpakaian setelan formal. Apabila ikat pinggang yang kamu kenakan warna hitam, seharusnya sepatu yang akan dikenakan juga warna hitam.

Sebisa mungkin para laki-laki dalam stelan formal mengurangi pernak-pernik yang mencolok, cukup mengenakan seragam, sepatu dan ikat pinggang tak perlu pernak-pernik lainnya.

2. Memakai pakaian yang selaras

Etika berpakaian pria selanjutnya yaitu, kamu jangan mengenakan pakaian yang tidak sepadan. Maksudnya disini adalah ketika kamu mengenakan celana pendek sebisa mungkin pakaian yang dikenakan adalah lengan pendek.

3. Jangan menggunakan tali selempang dan ikat pinggang bersamaan

Apabila kamu ingin mengenakan ikat pinggang, jangan gunakan juga ikat selempang karena itu membuat kesan berlebihan. Kedua benda itu mempunyai fungsi yang sama, jadi kamu bisa mengenakan salah satu saja.

Tali selempang dan ikat pinggang jika dipakai bersamaan akan membuat ruang gerak terbatasi, kamu akan merasa tidak nyaman ketika memakainya secara bersamaan. Efek lainnya adalah celana akan mudah rusak.

4. Gunakan sepatu sesuai setelan baju

Etika berpakaian pria selanjutnya yaitu, gunakan sepatu sesuai setelan baju yang dikenakan. Misalnya saja, jangan kenakan sneakers dengan setelan jas karena keduanya sangat bertolak belakang.

Sneakers lebih dipakai pada saat momen santai dan kasual, sedangkan setelan jas digunakan untuk momen formal. Apabila keduanya dipakai, satu sama lain akan merusak penampilan.

5. Tidak menggunakan banyak aksesoris

Pria dan wanita sangat berbeda, apa yang dikenakan pria seharusnya lebih simple dari pada wanita. Ketika berpakaian lebih terlihat elegan dengan minim aksesoris. Apabila pria mengenakan aksesoris lebih baik yang bersifat simple.

Aksesoris yang berlebih akan merusak penampilan yang elegan, terlebih aksesoris yang dipakai dengan corak yang jauh berbeda dengan setelan pakaian yang sedang dikenakan. Penampilanmu akan terlihat buruk apabila terlalu berlebihan aksesoris.

6. Gunakan setelan baju sesuai kebutuhan

Etika berpakaian pria yang satu ini sangat penting karena mempengaruhi penampilan. Gunakan baju sesuai kebutuhan atau dresscode yang telah ditentukan. Walaupun tampilanmu tampan dan rapi, namun terjadi kesalahan dress code akan menghancurkan penampilanmu.

Jadi sangat penting, memadu padankan apa yang cocok dikenakan dan apa yang tidak cocok untuk dikenakan. Warna pakaian juga wajib dipadu padankan, agar tidak saling bertabrakan satu sama lain.

Beberapa etika berpakaian pria tersebut membantu kamu dalam memilih dress code yang cocok untuk momen tertentu. Penampilan menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang memandang, oleh karena itu ciptakan penampilan terbaikmu di hadapan semua orang.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *